Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia
hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Jenis Multimedia
Ada dua jenis, yaitu multimedia linier atau satu arah dan multimedia interaktif.
Multimedia
linier adalah multimedia yang dirancang dengan tidak menyediakan alat
pengontrol atau pengendali bagi user.Dengan demikian multimedia ini akan
berjalan sesuai dengan skenario sang pembuat dari awal sampai akhir.
Contoh multimedia linier adalah TV dan film. Sementara itu multimedia
interaktif adalah multimedia yang dirancang dengan menyediakan alat
pengontrol atau navigasi bagi user. sehingga user atau siswa dapat
secara interaktif mengontrol media tersebut sesuai dengan keinginan
siswa. Contohnya adalah Multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dan aplikasi Game.
Manfaat multimedia
Adanya multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dapat
membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain
pembelajarn yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran menjadi
inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif, kualitas belajar
belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat
dilakukan ditingkatkan
Kelebihan multimedia pembelajaran interaktif dibandingkan media yang lain
1. Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata. Dengan bantuan
multimedia maka dapat ditampilkan benda-benda seperti kuman, bakteri,
elektron, dll. dengan demikian benda-benda tersebut akan mudah dipahami
oleh siswa.
2. Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah.
Dengan demikian kita dapat menyajikan benda-benda seperti gedung, gajah,
gunung, candi, rumah, dll. Sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan
materi secara riil melaui gambar, movie atau animasi.
3. Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit,da berlangsung cepat atau
lambat. Adanya kemampuan ini maka guru dapat menyajikan melaui gambar
animasi atau movie tentang susunan atom, sistem tubuh manusia,
bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet-planer, berkembangnya bunga,
dll.
4. Menyajikan
suatu benda atau peristiwa yang jauh. melalui multimedia maka guru
dapat menghadirkan obyek-obyek seperti planet, bulan, bintang, salju ke
dalam ruang kelas.
5. Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya. Dengan kemampuan ini maka guru
dapat menyajikan peristiwa-peristiwa yang berbahaya seperti ledakan bom,
peluncuran roket, letusan gunung berapi, kebakaran, binatang buas,
racun, dll.
6. Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa. Dengan kemampuan ini maka pembelajaran
dapat berlangsung secara menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
0 komentar:
Posting Komentar