Senin, 09 Juni 2014

Kelebihan dan kekurangan VPN

1. Apa yang dimaksud dengan teknologi virtualisasi dalam bidang infrastruktur ?
Teknologi virtualisasi adalah sebuah teknologi yang mampu menjalankan software/hardware virtual (bukan sebenarnya) diatas hardware/software non virtual yang sedang berjalan. Misalnya, anda hanya dapat menjalankan satu sistem operasi dalam satu waktu, agar dapat menjalankan lebih dari sistem operasi anda membutuhkan program PC/OS emulator (hypervisor) semisal VirtualBox atau VMware workstation/player.

2. Apa kelebihan dan kekurangan teknologi virtualisasi? 
-Keuntungan teknologi virtualisasi:
Kemudahan deployment
Mempermudah perawatan & pengelolaan
Meningkatkan tingkat efisiensi
Mengoptimalkan sumber daya
Kemudahan backup dan recovery
Menghemat space fisik


-Kerugian teknologi virtualisasi:
Membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi
Masalah terpusat
Serangan terpusat

3. Menurut anda, bagaimana penggunaan pattern dapat memungkinkan praktisi di bidang teknologi informasi dapat membuat rencana infrastruktur yang cukup rinci (hingga tingkat rincian jadwal pelaksanaan) hanya dalam hitungan jam?

Pattern merupakan informasi wawasan dan pengalaman terkait dengan “apa dan bagaimana” yang umum berlaku untuk berbagai kelompok aplikasi yang ada. Informasi ini ditangkap dalam bentuk yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan kembali dengan aplikasi masa depan dari kelompok aplikasi yang sama.

Karena penggunaan pattern itu sendiri merupakan suatu solusi yang tuntas yang telah di rancang sebelumnya dan bersifat end to end yang dapat dengan mudah dan cepat dibentuk agar sesuai dengan requirement bisnis terbaru sehingga menjadi siap untuk mengusulkan solusi yang lebih cepat dan murah serta lebih baik.

4. Setelah memperhatikan berbagai layer pada Platform, tentukan pada layer mana terdapat kompone
n "Virtualisasi". Jelaskan alasan anda dengan merujuk pada modul tentang Platform yang sudah disampaikan sebelumnya.

Menurut saya Virtualisasi ada di layer network, karena VPN ini Kemampuan membentuk jaringan LAN yang tidak di batasi tempat dan waktu, karena koneksitasnya dilakukan via internet. Koneksi internet apapun dapat digunakan seperti Dial-Up, ADSL, Cable Modem, WIFI, 3G, CDMA Net, GPRS.

penggunaaan VPN ini dapat memberikan manfaat yang besar khususnya fleksibilitas, efektivitas mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN.

Dapat mengurangi biaya pembuatan jaringan karena tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan membutuhkan biaya produksi yang sangat besar. Semakin jauh jarak yang diinginkan, semakin meningkat pula biaya produksinya.

5. Platform adalah konsep pengelolaaan yang mengelompokan berbagai komponen teknologi kedalam berbagai teknikel layerunsur yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembang perangkat lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform yang lainnya

6. Pattens adalah konsep pengelolaan yang memfasiltasi pemetaan yg cepat dari requirement bisnis menjadi infrastruktur sebuah istilah di dalam rekayasa perangkat lunak yang mengacu pada solusi umum yang bisa dipergunakan kembali atau berulang-ulang untuk menyelesaikan masalah-masalah yang umum terjadi dalam konteks tertentu atau khusus yang ditemui pada desain perangkat lunak. Sebuah pola desain yang sudah terbentuk bukan berarti desain tersebut dapat langsung digunakan untuk menulis program.

7. Servive adalah aplikasi infrastruktur yang mengalihkan tanggung jawab layanan yang di berikan dari domain aplikasi terten tu menjadi dari domain infrastruktur.

1 komentar: