Rabu, 30 April 2014

perancangan data center

1. Apa yang di maksud data center?
Data Center merupakan fasilitas yang digunakan untuk penempatan beberapa kumpulan server atau sistem komputer dan sistem penyimpanan data (storage) yang dikondisikan dengan pengaturan catudaya, pengatur udara, pencegah bahaya kebakaran dan biasanya dilengkapi pula dengan sistem pengamanan fisik.

2. Apa Langkah-langkah dalam membangun data center?
-Memperkirakan kebutuhan perangkat jaringan dan telekomunikasi, kebutujan power dan kebutuhan cooling untuk data center pada kapasitas yang semaksimum mungkin. Antipasi juga pertumbuhan kebutuhan yang mungkin dengan rasio yang sesuai ( kebijakan perusahaan dipadukan dengan pertumbuhan kebutuhan yang disebutkan pada standar).
- Menentukan kebutuhan ruangan untuk setiap kebutuhan pada nomor 1.
- Memperkirakan aspek –aspek yang terkait dengan kebutuhan utama diatas seperti keamanan setiap perangkat, grounding pada sistem listrik, perlidungan elektrik, dan kebutuhan fasilitas lain berdarkan pada arsitek dan engineer. Menyediakan kebutuhan pusat operasional, loading dock, ruang pengyimpanan, area staging dan area pendukung lainnya. Koodinasikan dengan DC sebelumnya.
-Menentukan layout ruangan yang ada termasuk penempatan ruang utama dan ruang masuk. 

3. Fasilitas apa saja yang dibutuhkan data center?
Fasilitas yang harus dimiliki
-Kapasitas Daya listrik
-Pendingin
-Pengkabelan
-Pengatur temperature dan kelembaban
-Pengatur terhadap asap dan api
- Keamanan, secara fisik dan data
-Rak, lantai yang ditinggikan 

4. Apa kaitan data center dengan cloud computing?
Cloud computing merupakan evolusi yang mengadopsi virtualization, service-oriented architecture and utility computing. Cloud computing memungkinkan konsumen teknologi untuk memikirkan komputasi secara efektif dengan biaya minimal dan dapat diandalkan.
a. Internet bisa dianggap cloud besar. Cloud berisi komputer yang semuanya saling tersambung. Dari situlah berasal istilah 'cloud'. Jadi semuanya disambungkan ke 'cloud', atau cloud itu.“ (Stevan Greve)
b. Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('cloud'). Cloud (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana cloud yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer, cloud (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.
c. Dalam perspektif teknologi komunikasi sendiri, cloud computing atau komputasi cloud dapat diartikan sebagai suatu teknologi yang memanfaatkan internet sebagai resource untuk komputasi yang dapat di-requset oleh pengguna. 

5. Jelaskan lokasi yang ideal data center yang di gunakan?
Sebuah lokasi data center yang ideal adalah lokasi yang menawarkan berbagai kualitas seperti berikut :
1. Perlindungan dari bahaya.
2. Akses yang mudah.
3. Fitur-fitur yang mengakomodasi pertumbuhan dan perubahan dimasa depan.
4. Opsi untuk pemulihan dari bencana (Disaster Recovery Option).
5. Mendukung key desain strategies (robust, modular, fleksibel, dan standar).
6. Memperhatikan masalah latency network.
7. Aspek untuk redundancy. 

6. Jelaskan Ruang pendukung data center?
1. Ruang Listrik (area 7), dipisahkan dari ruang server untuk menghindari interfensi elektromagnetik.
2. Ruang Jaringan (area 3), merupakan area terpusat tempat dimana semua struktur kabel data berakhir.
3. Loading Dock (area 6), merupakan tempat untuk menerima peralatan yang baru datang untuk data center.
4. Build Room / Staging Area (area 5), merupakan tempat administrator atau network engineer untuk membangun dan mengkonfigurasi peralatan yang akan digunakan bagi data center, menyimpan peralatan sementara sampai proses konfigurasi suatu peralatan tersebut selesai.
5. Ruang Penyimpanan (storage room) (area 4), digunakan sebagai penyimpanan peralatan untuk jangka waktu yang lebih lama. Sehingga tidak mengambil ruangan di dalam ruang data center.
6. Operations Command Center (control room) (area 1), tempat dimana karyawan memonitor server data center.
7. Backup Room (area 2), ruang kerja bagi personil pendukung seperti vendor yang melakukan backup dan memonitor server di data center.
8. Media Storage Area (area 2), untuk penyimpan magnetic, optical, atau media lain yangdigunakan untuk melakukan backup dari serverdalam data center.
9. Vendor Service Areas,
ruangan khusus bagi vendor dalam melakukan sejumlah pekerjaanyang signifikan dalam data center, sebaiknya disediakan ruangan khusus untuk mereka,sehingga mereka tidak terlalu lama berada dalam ruang data center 

7. Jelaskan pendistribusian data center?
Ada dua cara untuk mendistribusikan energi listrik dalam ruang data center, yaitu:
a. Distribusi secara langsung dari PDU ke setiap lokasi kabinet, dipandang lebih fleksibel melalui saluran kabel yang tersedia karena tidak melalui perantara apapun. Namun untuk data center yang berkapasitas besar hal ini tidak mungkin dilakukan karena akan tidak efisien dari segi pengkabelan.
b. Distribusi melalui panel circuit, dari PDU akan menuju ke panel circuit kemudian dari tempat tersebut akan didistribusikan ke masing-masing lokasi kabinet. Jauh lebih efisien dari segi pengkabelan karena untuk jarak yang jauh antara lokasi kabinet server dengan PDU, hanya membutuhkan satu kabel yang panjang, baru kemudian dari panel sirkuit disalurkan ke masing-masing kabinet server dengan kabel yang berjarak pendek. 

8. Konsep kelistrikan yang ada didata center, mengapa perlu mempersiapkan grounding?
Karena grounding dapat menciptakan jalur yang low-impedance terhadap permukaan bumi untuk gelombang listrik dan transient voltage, dimana gelombang listrik dan transient voltage tersebut akan dialirkan ke tanah untuk meredamnya. 

9. Apa yang dimaksud dengan EPO system?
Sistem EPO pada data center adalah sebuah subsistem yang diharapkan tidak pernah digunakan, subsistem yang dikhususkan untuk menangani semua redundansi dan fault tolerance yang dibangun pada network critical physical infrastructure (NCPI).

10. Sebutkan standarisasi frekuensi dan kelembaban dalam konsep pendinginan?
standarisasi frekuensi dan kelembaban dalam konsep pendinginan Keadaan temperatur dan kelembapan yang harus dijaga di dalam data center:
 Temperatur kering: 200C - 250C (680F-770F), dengan rata-rata keadaan temperatur normal diset
menjadi 220C±10C.
 Kelembapan relatif: 40%-50%, dengan titik normal berada pada 45%±5%.
 Titik embun maksimum: 210C (69.80F)
 Perubahan maksimum yang boleh terjadi dari batas suhu sekarang adalah sebesar 50C(90F) per jam.
Desain sistem pendingin harus terencana dengan baik agar aliran udara dari perangkat pendingin
mengalir dengan arah parallel ke barisan kabinet/rak. Kriteria umum desain sistem pendingin pada data
center yang harus dipenuhi, adalah sebagai berikut:
 Memiliki skalabilitas dan adaptabilitas yang sangat baik
 Sudah terstandardisasi
 Sederhana namun cerdas
 Manajemen yang baik

2 komentar: