Senin, 14 April 2014

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuanuntuk menciptakan gagasan-gagasan pada pikiran pembaca atau pendengar seperti apa yang ada pada pikiran penulis atau pembicara. Sebuah kalimat tergolong efektif  jika memiliki prinsip-prinsip kalimat efektif, yaitu:
1.    Kesepadanan
2.    Keparalelan
3.    Ketegasan
4.    Kehematan
5.    Kecermatan
6.    Kepaduan
7.    kelogisan

Dalam berkomunikasi ,baik secara lisan maupun tertulis seseorang harus memerhatikan kalimat yang digunakannya. Artinya, saat berkomunikasi  harus memerhatikan apakah kalimat yang digunakankan itu tidak menimbulkan salah tafsir, sudahkan kalimat-kalimat kita memenuhi kaidah pemakaian bahasa yang baik. Penggunaan kaidah bahasa yang baik dalam berkomunikasi secara tertulis sangat penting. Artinya, dalam menulis penulis harus memerhatikan kalimat-kalimat yang ditulisnya sehingga orang yang membaca tulisan tersebut dapat memahami maksud yang disampaikan penulis. Dengan kata lain, kalimat yang ditulis atau diucapkan hendaknya merupakan kalimat yang efektif.

Perbincangan ihwal kalimat efektif menjadi sangat penting terutama karena tidak banyak orang yang benar-benar mengerti dan memahami ciri-ciri efektivitas kalimat itu, khususnya untuk kepentingan karang-mengarang atau tulis-menulis (Rahardi, 2010:92).  Keefektifan sebuah kalimat diukur dari sudut pandangan banyak sedikitnya kalimat itu berhasil mencapai sasaran komunikasinya. Kalimat yang efektif dapat meyakinkan dan menarik perhatian pendengar atau pembaca (Alek, 2010:248)

Kalimat tidak boleh dipahami hanya sekadar bangunan kebahasaan yang minimal terdiri dari unsur subjek dan predikat. Juga kalimat tidak cukup dipahami hanya sebagai satuan kebahasaan terkecil yang dapat digunakan untuk mengungkapkan ide atau gagasan yang utuh. Akan tetapi, lebih dari semuanya itu, sebuah kalimat harus dapat dipahami sebagai entitas kebahasaan yang mampu menimbulkan kembali gagasan atau ide yang ada dalam diri penulis, persis dengan ide atau gagasan yang dimiliki pembacanya (Rahardi, 2010:93).

Jadi, kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat mengungkapkan maksud penutur atau penulis secara tepat sehingga maksud itu dapat dipahami oleh pendengar atau pembaca secara tepat pula (Finoza, 2010: 172). Efektif dalam hal ini adalah ukuran kalimat yang mampu menjembatani timbulnya pikiran yang sama antara penulis/penutur dan pembaca/pendengar. Kalimat efektif harus dapat mewakili pikiran penulis/pembicara secara pas dan jitu sehingga pendengar/pembaca akan memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti yang dimaksud oleh penulis atau pembicaranya.

Artikel terkait;
pengertian-paragraf. 
prinsip-prinsip-kalimat-efektif. 
ciri-ciri-kalimat-efektif. 
 

0 komentar:

Posting Komentar