Kamis, 10 April 2014

Aspek dan Syarat-syarat Karya Ilmiah

ciri-ciri karya ilmiah dapat dikaji dari minimal 4 aspek, yaitu :
1.    Struktur
Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok bahasan), dan penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan.

2.    Komponen dan Substansi
Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal memprasyaratkan adanya abstrak.

3.    Sikap Penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah ini adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan kata atau gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama kedua.

4.    Penggunaan Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.

Syarat-syarat  Karya Ilmiah
    Dalam penulisannya, karya ilmiah memiliki syarat-syarat tertentu. Berikut ini adalah syarat-syarat karya ilmiah menurut Zulfikar (dalam http://fikarzone.wordpress.com)
1)    Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran
2)    Keindahan karya tulis ilmiah terletak pada bangun piker dengan unsur-unsur yang menyangganya
3)    Alur piker dituangkan dalam sistimatika dan notasi
4)    Karya tulis ilmiah terdiri dari unsure-unsur : kata, angka, tabel, dan gambar, yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur.
5)    Karya tulis ilmiah harus mampu mengekspresikan asas-asas yang terkandung dalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan.
6)    Karya tulis ilmiah terdiri dari serangkaian narasi (penceritaan), eksposisi (paparan), deskripsi (lukisan), dan argumentasi (alasan)
Di dalam menulis karya menulis, persyaratan di atas sebaiknya diperhatikan oleh penulis agar idea tau gagasan yang dituangkannya dalam bentuk tulisan dapat terarah dan tersusun secara sistematis sehingga enak dibaca dan mudah dipahami maksud dan tujuannya.

Artikel terkait;
karya-ilmiah-populer.
tahap-tahap-penulisan-karya-ilmiah.
karya-ilmiah-penelitian.
jenis-jenis-karya-ilmiah.
bahasa-dalam-karya-ilmiah.
ciri-ciri-karya-ilmiah.
pengertian-karya-ilmiah.

0 komentar:

Posting Komentar