Kamis, 10 April 2014

Karya Ilmiah penelitian

Karya ilmiah penelitian terdiri dari beberapa jenis karya ilmiah. yang termasuk karya ilmiah penelitian diantaranya :
i.    Naskah seminar
Yakni karya ilmiah yang berisi uraian dari topic yang membahas suatu permasalahan yang akan disampaikan bdalam forum seminar. Naskah ini bisa berdasarkan hasil penelitian atau pemikiran murni dari penulis dalam membahas atau memecahkan permasalahan yang dijadikan topic atau dibicarakan dalam seminar.
ii.    Naskah bersambung
Naskah bersambung sebatas masih berdasarkan cirri-ciri karya ilmiah, bisa disebut  karya tulis ilmiah. Bentuk tulisan bersambung ini juga mempunyai judul dengan pokok bahasan (topic) yang sama, hanya peyajiannya saja yang dilakukan secara bersambung, atau bisa juga pada saat pengumpulan data penelitian dalam waktu yang berbeda.

b.    Laporan hasil penelitian
Laporan adalah bagian dari bentuk karya tulis ilmiah yang cara penulisannya dilakukan secara relative singkat. Laporan ini bisa dikelompokkan sebagai karya tulis ilmiah karena berisikan hasil dari suatu kegiatan penelitian meskipun masih dalam tahap awal.

c.    Jurnal penelitian
Jurnal penelitian adalah buku yang terdiri atas karya ilmiah yang isinya berupa hasil penelitian dan resensi buku. Jurnal penelitian ini harus ditulis secara teratur dan sebaiknya mendapatkan nomor dari perpustakaan nasional berupa ISSN (International Standard Serial Number)
    Sejalan dengan pendapat diatas ada beberapa macam tulisan karya ilmiah menurut Jacob (dalam Indriati,2003:103). Menurutnya karya ilmiah dikategorikan menjadi sebelas macam, yaitu :
i.    Laporan penelitian adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian. Misalnya laporan penelitian yang didanai oleh Fakultas dan Universitas
ii.    Skripsi adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata-1 (S1)
iii.    Tesis adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik strata-2 (S2), yaitu Master.
iv.    Disertasi adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik strata-3 (S3), yaitu Doktor.
v.    Surat pembaca adalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah.
vi.    Laporan kasus adalah laporan tentang kasus-kasus yang ada yang dilandasi dengan teori.
vii.    Laporan tinjauan adalah tulisan yang berisi tinjauan karya-karya ilmiah dalam kurun waktu tertentu.
viii.    Resensi adalah tanggapan terhadap suatu karangan atau buku yang memaparkan manfaat karangan atau buku tersebut untuk pembaca.
ix.    Monograf adalah karya asli menyeluruh dari suatu masalah. Monograf ini berupa tesis atau disertasi
x.    Referat adalah tinjauan mengenai karangan sendiri atau karangan orang lain.
xi.    Kabilitasi adalah karangan-karangan penting yang dikerjakan sarjana Departemen Pendidikan Nasional untuk bahan kuliah.
Selain dari sebelas macam karya ilmiah yang dipaparkan di atas, belakangan ini banyak diterbitkan buku ajar yang bermanfaat sebagai penuntun perkuliahan dan diterbitkan oleh perguruan tinggi. Pada prinsipnya buku ajar sama dengan kabilitasi. Selain itu, jenis tulisan ilmiah lainnya adalah proposal penelitian, dan modul. Proposal penelitian biasanya dibuat untuk aplikasi permohonan bantuan dana penelitian dan untuk rancangan skripsi, tesis, dan disertasi. Modul digunakan sebagai panduan perkuliahan dan biasanya digunakan secara internal, tidak harus diterbitkan oleh penerbit.

Artikel terkait;
tahap-tahap-penulisan-karya-ilmiah.
karya-ilmiah-penelitian.
jenis-jenis-karya-ilmiah.
aspek-dan-syarat-syarat-karya-ilmiah.
bahasa-dalam-karya-ilmiah.
ciri-ciri-karya-ilmiah.
pengertian-karya-ilmiah.

0 komentar:

Posting Komentar