Selasa, 08 April 2014

Cara menabung dengan baik dan cepat menguntungkan

Cara menabung yang benar sering dilakukan oleh banyak orang, biasanya kita memilih untuk berhemat dan menabung. Tapi, terkadang kita merasa itu saja belum cukup, berikut Berikut beberapa trik agar tabungan Anda lebih baik dan stabil;

1. Sisihkan Pendapatan Anda
Setelah Anda mendapat gaji. Mungkin karena gajinya cukup banyak maka mungkin saja Anda akan membelanjakannya sebagian untuk keperluan pribadi. Namun, tanpa disadari kita telah menghabiskan kurang lebih 25% gaji kita dalam satu hari saja. Nah, untuk mengantisipasi kejadian tersebut, kita harus menyisihkan pendapatan kita untuk ditabung. Bukanlah cara yang benar jika kita menabung sisa gaji kita di akhir bulan. Cara yang paling baik adalah setelah mendapatkan gaji, segeralah simpan seperempat gaji kita di bank. Lebih baik daripada kita habiskan sendiri bukan? Ingat juga dengan keluarga kita.

2. Membuat Skala Prioritas
Skala prioritas sangatlah penting untuk mengetahui dan menentukan mana kebutuhan yang sangat-sangat penting dan mendesak dan mana yang tidak. Cobalah untuk menuliskan semua kebutuhan dan keinginan Anda secara terpisah. Kemudian buatlah daftar seperti yang ada di artikel memanajemen kebutuhan. Kemudian gunakanlah daftar tersebut sebagai pedoman untuk belanja secara lebih bijak. Belanjalah mulai dari kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan.

3. Jika Kita Masih Bisa Meminjam, Kenapa Harus Membeli?
Saya baru saja mendapatkan tips ini sejak saya mengetahui perpustakaan daerah. Saya memang pecinta buku dan sering membeli buku di toko buku. Hal itulah yang membuat uang saya selalu habis setiap bulannya. Nah, sejak saya tahu perpustakaan, saya tidak perlu lagi ke toko buku dan membeli buku karena di perpustakaan lebih lengkap dan gratis apalagi. Nah, sekarang saya setiap minggu meminjam buku disana dan menjadi inspirasi dalam setiap artikel saya. Jadi, jika kita masih bisa meminjam, kenapa harus membeli.

4. Memiliki rekening satu bank
jika mereka hanya memiliki satu akun bank utama, ketimbang banyak akun,Pada dasarnya, orang mencari alasan untuk menghabiskan uang, dan informasi yang tidak jelas tentang menabung semakin mendukung anggapan ini. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

5. Jangan sekali-kali menggunakan kartu kredit 
apalagi ketika berbelanja di mall. Karena dengan menggunakan kartu kredit, kita tidak akan merasa bahwa jumlah uang kita sedikit dan kita akan merasa bebas belanja tanpa takut kehabisan uang. Memang nyaman dan mudah, tetapi ingatlah dengan tagihan hutang Anda di akhir bulan. Menggunakan kartu kredit itu bagaikan ‘ngutang’ dan sangat ‘mematikan’ finansial Anda. Jadi gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak.

6. Bayangkan hari tua
Ingin menabung sejumlah uang untuk masa pensiun nanti? Rahasianya, buatlah foto diri Anda yang di-edit agar tampak seperti orang lanjut usia (rambut putih, kulit keriput dan lain-lain).

7.Tetap Dermawan
Sosok Mr. Krabs dalam serial Spongebob Squarepants memang orang yang hemat dan sangat menghargai uang. Namun dia orangnya sangat pelit dan serakah. Nah, pada akhirnya dia tidak akan kaya walaupun dia sangat pelit dalam menggunakan uangnya.

0 komentar:

Posting Komentar