Jumat, 04 April 2014

Pengertian laporan dan strukturnya

Pengertian Laporan
Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya (Keraf, 1993:284). Karena laporan yang dimaksud sering mengambil bentuk tertulis maka dapat pula dikatakan bahwa laporan merupakan suatu jenis dokumen yang menyampaikan informasi mengenai sebuah masalah yang tengah atau telah diselidiki, dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada pemikiran dan tindakan yang harus diambil.

Dasar-dasar Laporan
    a. Orang yang memberi Laporan
    b. Pemberi Laporan
    c. Tujuan Laporan.

Tujuan laporan biasanya berupa hal-hal berikut, yaitu untuk mengatasi suatu masalah, untuk mengambil suatu keputusan yang lebih efektif, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, untuk mengadakan pengawasan dan perbaikan, untuk menemukan teknik-teknik baru dan sebagainya.
5.10.3 Jenis-jenis Laporan   
    a. Laporan berbentuk formulir isian
    b. Laporan berbentuk surat
    c. Laporan berbentu memorandum
    d. Laporan Perkembangan dan Laporan Keadaan
    e. Laporan Berkala
    f. Laporan Laboratoris
        g. Laporan Formal dan Semi-Formal

Struktur Laporan Formal
Halaman Judul                     Halam Judul
Surat Penyerahan                Surat Penyerahan
Daftar Isi                             Daftar Isi
Ikhtisar atau Abstrak           Ikhtisar atau Abstrak
Pendahuluan                        Kesimpulan
Isi Laporan                          Saran (Rekomendasi)
Kesimpulan                         Pendahuluan
Saran (Rekomendasi)          Isi Laporan
Apendiks                            Apendiks
Bibliografi                           Bibliografi

0 komentar:

Posting Komentar