Jumat, 04 April 2014

Pengertian menulis dan mengarang

Menulis adalah kegiatan untuk menciptakan catatan  atau informasi dengan kertas  sebagai medianya. Terampilan menulis adalah  tuntutan setiap orang, terutama bagi mereka yang bergerak di dunia akademik. Kegiatan menulis adalah kegiatan aktif dan produktif . Karena dengan menulis, penulis harus aktif dan kreaktif menyusun pikirannya dengan teratur agar tulisannya dipahami orang alin. Menulis dikatakan produktif karena penulis menghasilkan sesuatu, yaitu hasil pikiran yang telah ditulisnya dengan sistem logis sehingga menjadi karya tulis yang dapat diterima oleh pembaca.

Morsey dalam  Tarigan, menyatakan  bahwa menulis merupakan suatu  kegiatan yang  produktif dan ekspresif. Menulis adalah  kegiatan  menyusun pikiran dan mengutarakannya dengan jelas melalui bahasa tulis. Kejelasan ini bergantung pada pikiran, organisasi, penggunaan kata, dan struktur kalimat.

Menulis adalah menurunkan  atau  melukiskan  lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang  lain dapat  membaca lambang-lambang garfik tersebut.
      
       Dalam  Menulis Karya Ilmiah, menyatakan bahwa menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan  penyampaian pesan atau  informasi dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. Dalam komunikasi tertulis, ada empat unsur yang terlibat, yaitu :
1.    Penulis sebagai penyampai pesan
2.    Pesan dalam  bentuk tulisan
3.    Adanya media berupa tulisan
4.    Pembaca sebagai penerima pesan 
Menulis atau mengarang berati menggunakan bahasa terpilih dan tersusun. Memilih kata, disusun menjadi kalimat, kalimat pun disusun menjadi paragraf. Paragraf disusun menjadi wacana yang lebih terperinci lengkap dan teratur sehingga menjadi indah dan dinikmati pembacanya.

mengarang adalah proses menyusun, mencatat dan mengomunikasikan makna dalam tataran ganda, bersifat interaktif, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan sistem tanda-tanda konvensional yang dapat dibaca.
Rusdatan (2006 :1)  menyatakan , menulis pada dasarnya kerja mental. Untuk menulis seseorang  memerlukan stamina yang kuat.    

0 komentar:

Posting Komentar