Jumat, 04 April 2014

Cara menulis makalah dengan baik dan benar

Makalah adalah karya ilmiah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif (Nasucha,dkk., 2006:68). Makalah disusun untuk memenuhi tugas-tugas matakuliah tertentu. Makalah merupakan bentuk karya ilmiah yang paling singkat denagn jumlah halaman 15—25 halaman.
        Makalah biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Bgian awal terdiri dari halaman sampul, daftar isi, dan daftar tabel atau daftar gambar. Bagian isi terdiri dari latar belakng masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, pembahasan, kesimpulan dan saran. Bagian akhir teriri dari daftar referensi dan lampiran.

Makalah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu 1) makalah dari hasil berpikir deduktif, yaitu  makalah yang membahas masalah atas dasar kajian teori tertentu atau menerapkan teori tertentu untuk memecahkan masalah yang dipilih. Jika menulis makalah dengan menggunakan jenis ini, harus berangkat dari teori tertentu dan diterapkan dalam pembahasan masalah. 2) makalah dari hasil berpikir induktif, yaitu makalah yang membahas masalah yang menyajikan deskripsi gejala, fakta dan data dari pengamatan di lapangan. Makalah induktif diawali oleh pengamatan empiris, pembahasan hasil pengamatan, penarikan simpulan, dilanjutka dengan pembandingan teori yang relevan.

0 komentar:

Posting Komentar