Rabu, 12 Agustus 2015

Akibat Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kulit

Kurang tidur berhubungan erat dengan kesehatan kulit Anda. Berikut adalah cara bagaimana kurang tidur bisa mempengaruhi kecantikan atau kesehatan kulit Anda.

Tidur adalah 'makanan' untuk kulit
Tak hanya makanan untuk otak dan tubuh, tidur juga makanan untuk kulit Anda. Karenanya, kurang tidur bisa menghilangkan masing-masing makanannya. Saat tidur malam hari, tubuh Anda bekerja untuk mengangkat sel darah mati dan sel-sel otak mati serta membersihkan jalur untuk sinapsis baru bekerja sehingga darah dan sel otak baru dapat menggantikan yang lama. 

Otak Anda juga menghilangkan 60 persen lebih racun ketika Anda mendapatkan tidur yang cukup. Ini akan membantu Anda merasa lebih segar saat bangun dan bisa membuat kulit bersinar.

Kulit jadi tidak seimbang, dehidrasi, kemerahan dan berjerawat
Kurang tidur juga mempengaruhi tingkat kelembapan di kulit, menguranginya dan menurunkan kadar pH kulit Anda sehingga membuat kulit terlihat kurang muda dan kurang bersinar. Ketika pH kulit menurun, mereka menyebabkan kulit tidak menghasilkan kelembapan yang dibutuhkan sehingga membuat kulit jadi kering dan memicu jerawat. 

Menciptakan lingkaran hitam
Ketika tidur, sel-sel tubuh akan regenerasi terutama pada tingkatan kulit. Pembuluh darah yang melebar adalah penyebab munculnya lingkaran hitam. Tidur yang cukup membantu mengurangi bayangan biru atau hitam di bawah mata. Anda bisa menggunakan eye cream yang mengandung kafein seperti ekstrak green tea bisa mengurangi lingkaran hitam.

Gadget Anda membuat tetap terjaga dan membuat lelah di pagi hari
Sulit untuk tidak mengecek berita terbaru di Path, Instagram, Facebook ataupun Twitter sebelum tidur. Tapi mengecek gadget dengan pencahayaan yang menyala terang sebelum tidur berbahaya bagi kulit.

Bahkan, jika gadget memiliki penerangan yang redup, Anda masih terkena spektrum cahaya biru siang hari yang merupakan warna dari matahari dan berdampak pada melatonin yang membuat Anda tetap terjaga.

Kain yang tidak lembut mendatangkan malapetaka bagi kulit
Jika kain seprai kasur Anda kasar saat disentuh, mereka bisa merusak kulit Anda. Bagaimana bisa? kain yang tidak lembut tidak memberikan slip kulit Anda bergerak bebas di atas bantal dan dapat menarik kulit yang bisa menimbulkan garis dan keriput pada kulit. Gesekan wajah Anda pada sarung bantal juga bisa memicu jerawat. Mulailah gunakan kain seprai dan sarung bantal yang lembut.

Bagian bawah mata bisa membengkak
Jika tidur dengan posisi telungkup, cairan dapat membentuk seperti kolam di bagian bawah mata sepanjang malam dan menyebabkan bengkak. Untuk mengatasinya, cobalah masker atau penutup mata yang tipis saat tidur. Ini bisa membantu menopang kepala Anda untuk menjaga cairan dalam tubuh mengalir ke bawah bukan ke bagian bawah mata saja. 

Anda juga bisa menggunakan dua kantong teh hijau yang sudah direndam kemudian ditempelkan ke masing-masing bagian bawah mata selama lima menit untuk mengurangi bengkaknya.

Sumber: cosmopolitan

0 komentar:

Posting Komentar