Selasa, 21 April 2015

Daftar pekerjaan IT

Nama pekerjaan IT: 
1. system administrator
keterangan : orang ini bertanggung jawab untuk mengurusi server-server yang digunakan organisasi
hal yg perlu disiapkan : tergantung organisasinya. ada yang windows-based, linux-based, freebsd, solaris, dll. disarankan mempunyai pengalaman mengadministrasi server dan mempunyai sertifikasi yang relevan. misal: redhat, solaris, ubuntu, freebsd, microsoft, dll

2. network administrator
Tugas : 
orang ini bertanggung jawab untuk mengurusi network dari organisasi
hal yg perlu disiapkan :

sesuai jobdescnya, maka orang ini akan bertanggung jawab terhadap perangkat networking. e.g. router, switch, access points. disarankan mempunyai pengalaman mengadministrasi server dan mempunyai sertifikasi yang relevan. misal: mikrotik, cisco, juniper.

3. helpdesk / support
Tugas: 
disetiap perusahaan modern, hampir semua karyawan menggunakan komputer dalam kerjanya. helpdesk akan meladeni karyawan lain jika user tersebut kesulitan menggunakan layanan. mis: komputernya ngadat, kena virus, dll
hal yg perlu disiapkan :
orang ini perlu tahu menggunakan komputer lebih dari karyawan biasa, akan lebih baik jika punya sertifikasi keahlian komputer.

4. programmer / software engineer
Tugas : 
orang ini perlu tahu menggunakan komputer lebih dari karyawan biasa, akan lebih baik jika punya sertifikasi keahlian komputer.
sesuai namanya, orang ini bertugas untuk melakukan pemrogramman untuk mendevelop software, bug-fix, dan kadang ngetest juga
hal yg perlu disiapkan: 
tergantung bahasa pemrogramman yang dipakai (C, C++, .net, PHP, java, dll) programmer perlu menguasai bahasa pemrogramman tempat dia bekerja. terkadang di sebuah project besar, programmer juga perlu tahu OS (operating system) karena OS tersebut adalah platform yang dipakaioleh softwarenya.

5. analyst
Tugas :
dalam sebuah software house, biasanya memerlukan analyst untuk menganalisis requirements yang diberikan klien dan menterjemahkannya ke dalam bentuk teknis (DFD, ERD, spec) yang kemudian dikerjakan oleh programmer atau bagian lainnya
 hal yg perlu disiapkan :
biasanya bukan posisi entry level. biasanya berasal dari programmer. mempunyai communication/presentation skill yang baik, mempunyai skill teknis yang baik, berpengalaman cukup, dan punya kemampuan analyses yang baik

6. DBA (Database Administrator)
Tugas :
posisi ini biasanya ada di perusahaan yang besar (banking, telco, oil, mining, etc). tugasnya untuk manage database yang digunakan perusahaan tsb. database memuat informasi sensitif, karena itulah tidak semua orang punya akses kesana

hal yg perlu disiapkan : mempunyai skill teknis yang baik tentang database yang dipakai. mempunyai sertifikasi (oracle database, mysql, postgresql) akan lebih baik.

7. security engineer
Tugas : 
jika perusahaan semakin besar, maka diperlukan pula orang khusus yang mengurusi masalah security. baik security, network, system, maupun aplikasi. dia memastikan bahwa security dilakukan dengan baik. misal: konfigurasi firewall, role, dll.
hal yg perlu disiapkan : 
orang ini memerlukan skill OS yang dipakai (solaris, linux, windows) akan lebih baik jika punya sertifikasinya. mengerti jaringan komputer dengan baik, akan lebih baik jika punya sertifikasinya (mikrotik, cisco, dll). mengerti menggunakan tools security. akan lebih baik jika punya sertifikasi security juga.


8. web developer :
Tugas :
web developer sering disebut juga web programmer. mereka bertugas untuk menulis kode-kode untuk sebuah aplikasi berbasis web.

hal yg perlu disiapkan : meskipun tugasnya bukan programming, designer web juga perlu mengerti hal-hal dasar seperti HTML, CSS, layout, dll.

0 komentar:

Posting Komentar