Rabu, 29 Oktober 2014

macam-macam surat

Sekarang kita sudah mengetahui fungsi surat. Seperti halnya manusia yang memiliki jenis kelamin laki-laki dan perempuan, surat pun memiliki beberapa jenis jika dilihat dari segi bentuk, isi, dan bahasanya; 
(1) Surat pribadi merupakan alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan berita/informasi yang dibuat/dikirim oleh seseorang, baik kepada perorangan maupun kepada organisasi/lembaga. Surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi, seperti komunikasi antara anak dengan orang tua, antarkerabat, antarsejawat, dan antarteman. Biasanya pada surat pribadi digunakan semacam kartu pos, warkat pos, atau surat bersampul. 

(2) Surat dagang atau niaga merupakan alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan berita/informasi yang berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang-barang/berhubungan dengan kegiatan dagang. Surat yang dipergunakan orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga, seperti perdagangan, perindustrian, dan usaha jasa. Beberapa macam surat niaga, yaitu surat penawaran, surat pengaduan, surat pemesanan, surat pengiriman, surat pembayaran barang, dan surat penagihan.

(3) Surat dinas atau resmi merupakan alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan berita/informasi yang berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan kedinasan/kegiatan dinas sebuah instansi pemerintah. Selain itu, surat dinas menjadi hal yang berhubungan dengan segala komunikasi tertulis yang menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi, sehingga menjadi alat komunikasi kedinasan yang sangat penting dalam pengelolaan administrasi, seperti penyampaian berita tertulis yang berisi pemberitahuan, penjelasan, permintaan, pernyataan pendapat dari instansi kepada instansi lain dan dari instansi kepada perseorangan atau sebaliknya. Surat dinas merupakan salah satu jenis surat yang diklasifikasikan berdasarkan dari isinya atau kepentingannya.

0 komentar:

Posting Komentar