Jumat, 30 Januari 2015

Pengertian layout dan kegunaan pada aplikasi android

Mobile Programming : Proses pembuatan aplikasi untuk peralatan computer mobile
SDK : Software Development Kit merupakan perangkat yang disiapkan untuk merancang aplikasi
Activity : Semua tampilan yang memungkinkan interaksi dengan user
Intent : Proses pemanggilan activity
Service : serangkaian proses yang tidak memiliki tampilan, tidak dapat berinteraksi dengan user, dan berjalan di-background
Life Cycle :Tahapan tahapan yang dijalankan oleh aplikasi. Dalam konsep pemgrograman berorientasi objek, life cycle didefinisikan dalam bentuk abstraks, harus diterapkan oleh semua aplikasi, sehingga operating system dapat mejalankan proses spesifik yang sudah ditentukan dalam tahapan tahapan aplikasi tersebut

Layout Manager
Untuk meletakan komponen (view) pada layar, android menggunakan layout manager. Karena ukuran layar device Android sangat beragam, tidak ada peletakan posisi widget secara eksak per pixel. 

Terdapat empat jenis layout manager yang memiliki fungsi  masing-masing. LinearLayout, TableLayout, RelativeLayout dan FrameLayout. Berikut akan dibahas lebih rinci untuk setiap layout.
RelativeLayout
RelativeLayout mengatur posisi secara relatif berdasarkan posisi widget yang lain atau parentnya. Sebagai contoh, dua widget pada gambar di bawah. EditText posisinya relatif terhadap textView nama.

Untuk layout_width dan layout_height ada dua pilihan: match_parent (view berusaha sebesar parent) dan wrap_content (view hanya berusaha sebesar content yang berada di dalamnya). Sedangkan padding menyatakan jarak antara pinggir layar dengan komponen. 
Perhatikan penggunaan atribut layout_toRightOf  yang menyatakan bahwa EditText berada disebelah kanan label.  Sedangkan atribut layout_baseLine digunakan agar TextView dan EditText  aligned.

Beberapa atribut lain yang mengatur posisi widget dibandingkan dengan widget lain adalah: 
1. android:layout_above 
2. android:layout_below 
3. android:layout_toLeftOf 
4. android:layout_toRightOf.

Untuk mengatur posisi ada tambahan lima atribut: android: layout_alignTop, android:layout_alignBottom, android:layout_alignLeft, android:layout_alignBaseline

TableLayout
Untuk memilih layout manager, selain dengan cara manual dapat juga ditentukan membuat layout (File  New  Other  Android XML Layout File). Saat muncul dialog berikut, pilih Root Element sebagai TableLayout.

semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar