Jumat, 23 Januari 2015

Cara menangani laptop tiba-tiba mati

Untuk memperbaiki kerusakan laptop atau komputer mati pasti anda pernah mendengar ini, kali ini bagaimana cara memperbaiki komputer tersebut,  untuk mengetahui penyebab kerusakan pada komputer yang mati berikut ini penyebab dan cara menanganinya;

1. Komputer terlalu Panas atau overheat
Sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa peringatan jika telah melebih panas maksimal yang disyaratkan (terutama Processor). Banyak komputer saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer, prosesor, atau perangkat lain di komputer Anda terlalu panas. Jika Anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer Anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer Anda.




2. Cek Power Supply
Apabila langkah pertama sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa PSU atau power Supply komputer anda, maka silahkan buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar apa tidak. Jika apabila komputer masih bisa menyala maka kemungkinan besar Power Supply anda masih dalam kondisi yang baik yakni karena power supply tersebut masih bisa berfungsi dengan baik.
akan tetapi jika kondisinya berbeda, yakni apabila CPU masih tetap tidak menampilkan tanda-tanda kehidupan pada komputer anda, maka silahkan lakukan pengecekan terhadap Power Supply anda tersebut.

3. Virus komputer.
Mungkin komputer Anda terinfeksi virus yang dirancang untuk mematikan komputer Anda. Jika komputer mati  sendiri ketika menjalankan program tertentu pada waktu tertentu, misalnya komputer hanya langsung mati jika anda menjalankan Program Word maka itulah tandanya bahwa program tersebut terserang atau terinfeksi virus. Jika Anda yakin komputer Anda mungkin terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak yakin apakah komputer Anda terinfeksi virus, pastikan Anda melakukan scandengan anti virus terbaru.

4. Bersihkan Komponen pada Motherboard
Jika masih dirakan diperlukan lankah selanjutnya adalah membersihkan komponen pada motherboard anda. Caranya adalah cabut terlebih dahulu semua komponen seperti Processor, Memory dan sound Card, Vga card dan add-on card tambahan lainnya.
Selanjutnya bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Kalo ada gunakan juga cairan pembersih "electrical contact cleaner" untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.
semoga bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar