Tanpa mengecilkan arti dari beragam contoh definisi yang telah
dipaparkan sebelumnya, setidak-tidaknya ada tiga kesamaan karakteristik
dari setiap definisi e-Government, yaitu masing-masing adalah :
Merupakan
suatu mekanisme interaksi baru (modern), antara pemerintah dengan
masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder) dimana
melibatkan penggunaan teknologi informasi (terutama internet) dengan
tujuan memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan yang selama berjalan.
Secara
jelas dua negara besar gang terdepan dalam mengimplementasikan konsep
e-Government, yaitu Amerika dan dan Inggris melalui Al Gore dan Bony
Blair, telah secara jelas dan terperinci menggambarkan
manfaat e-Government yang diperoleh dengan diterapkannya konsep e-Government bagi suatu negara, antara lain :
Memperbaiki
kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholdernya (masyarakat,
kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas
dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara.
Meningkatkan
transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan
dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance.
Mengurangi
secara signifikan total biaya administrasi, relasi dan interaksi yang
dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas
sehari-hari.
Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan
sumber¬sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak
yang berkepentingan.
Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru
yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang
dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada
serta memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra
pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara
merata dan demokratis.
Dengan kata lain, negara-negara maju
memandang bahwa implementasi e-Government yang tepat akan secara
signifikan memperbaiki kualtias kehidupan masyarakat di suatu negara
secara khusus, dan masyarakat dunia secara umum. Oleh karena itu.
impementasinya di suatu negara selain tidak dapat ditunda-tunda, harus
pula dilaksanakan secara serius, dibawah suatu kepemimpinan dan
kerangkan pengembangan yang holistik, yang pada akhirnya akan
memberikan/mendatangkan keunggulan kompetitif secara nasional.
Dibandingkan
dengan negara-negara maju, perkembangan aplikasi komputer dalam
pemerintahan Indonesia tergolong lambat. Hal ini disebabkan karena :
- Biaya
- Sistem administrasi pemerintahan masih dalam proses pengembangan
Jadi,
secara umum permasalahan yang timbul dengan adanya komputerisasi di
pemerintahan belum cukup besar untuk dipermasalahkan secara nasional .
Sedangkan di negara-negara maju, perkembagan aplikasi komputer dalam
bidang pemerintahan berlangsung dengan cepat, sehingga komputerisasi
mulai menimbulkan masalah di negara-negara tersebut.
Dilihat dari sejarahnya,
konsep e-Government berkembang karena adanya 3(tiga) pemicu (driveis) utama, yaitu :
- Era globalisasi yang datang lebih cepat dari yang diperkirakan telah membuat isu-isu semacam demokratisasi, hak asasi manusia, hukum, transparansi, korupsi, civil society, good corporate governance, perdagangan bebas, pasar terbuka, dan lain sebagainya menjadi hal-hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap bangsa jika yang bersangkutan tidak ingin diasingkan dan pergaulan dunia. Dalam format ini, pemerintah harus mengadakan reposisi terhadap peranannya di dalam sebuah negara, dari yang bersifat internal dan fokus terhadap kebutuhan dalam negeri, menjadi lebih berorientasi kepada eksternal dan fokus kepada bagaimana memposisikan masyarakat dan negaranya di dalam sebuah porgaulan global. Jika dahulu di dalam sebuah negara kekuasaan lebih berpusat pada sisi pemerintahan (supply side), sehingga tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintahannya menjadi semakin tinggi (karena untuk dapat bergaul dengan mudah dan efektif dengan masyarakat negara lain, masyarakat di sebuah negara harus memiliki sebuah lingkungan yang kondusif dimana hal ini merupakan tanggungjawab pemerintah).
- Kemajuan teknologi informasi (Komputer dan telekomunikasi) terjadi sedemikian pesatnya sehingga data, informasi, dan pengetahuan dapat diciptakan dengan teramat sangat cepat dan dapat segera disebarkan ke seluruh lapisan masyarakat di berbagai belahan dunia dalam hitungan detik. Hal ini berarti bahwa setiap individu di berbagai negara di dunia dapat saling berkomunikasi secara langsung kepada siapapun yang dikehendaki tanpa dibutuhkan perantara (mediasi) apapun. Tentu saja buah dari terknologi ini akan sangat mempengaruhi bagaimana pemerintah di masa modern harus bersikap dalam melayani masyarakatnva, karena banyak aspek-aspek dan fungsi-fungsi pemerintah konvensional yang secara tidak langsung telah diambil alih oleh masyarakatnya sendiri (misalnya masalah pers, sosial, agama, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya) karena adanya teknologi ini. Inilah alasan lain mengapa pemerintah bersangkutan dapat secara benar dan efektif rnereposisikan peranan dirinya.
- Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di dunia tidak terlepas dari semakin membaiknya kinerja industri di dunia tidak terlepas dari semakin membaiknya kinerja industri swasta dalam melakukan kegiatan ekonominya. Keintiman antara masyarakat (sebagai pelanggan) dengan pelaku ekonomi (padagang, investor, perusahaan, dan lain-lain) telah membuat terbentunya sebuah standar pelayanan yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Percepatan peningkatan kinerja di sektor swasta ini tidak diikuti dengan pecepatan yang sama di sektor publik, sehingga masyarakat dapat melihat adanya kepincangan dalam standar kualitas pemberian pelayanan. Dengan kata lain, secara tidak langsung tuntutan masyarakat agar pemerintah meningkatkan kinerjanya semakin tinggi, bahkan jika terbukti terjadirya penyimpangan-penyimpanan dalam pengelolaan uang rakyat, masyarakat tidak segan-segan untuk mengevaluasi kinerja pemerintah melalui demonstrasi atau jalur-jalur lainnya.
Ketiga
aspek di atas menyebabkan terjadinya tekanan dari masyarakat agar
permerintah memperbaiki kinerjanya secara signifikan, dengan cara
memanfaatkan berbagai teknoiogi informasi yang ada. Negara Inggris
misalnya melihat perkawinan antara pemerintah dengan teknologi
melahirkan sebuah konsep yang diistilahkan sebagai Electronic Service
Delivery (ESD), yaitu bagaimana melalui media elektronik dan digital,
pemerintah dapat menyediakan jasa pelayanan kepada masyarakatnya. ESD
ini kemudian berkembang dan menjadi cikal bakal e-Government, yaitu
mekanisme dimana pemerintah menggunakan teknologi informasi (terutama
internet) sebagai sarana utama yang menghubungkan dirinya dengan para
stakeholder, yaitu masyarak-at umum, kalangan industri, dan sektor
publik lainnya.
I.1. Manfaat
Tanpa mengecilkan arti dari
beragam contoh definisi yang telah dipaparkan sebelumnya,
setidak-tidaknya ada tiga kesamaan karakteristik dari setiap definisi
e-Government, yaitu masing-masing adalah :
Merupakan suatu
mekanisme interaksi baru (modern), antara pemerintah dengan masyarakat
dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder) dimana melibatkan
penggunaan teknologi informasi (terutama internet) dengan tujuan
memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan yang selama berjalan.
Secara
jelas dua negara besar gang terdepan dalam mengimplementasikan konsep
e-Government, yaitu Amerika dan dan Inggris melalui Al Gore dan Bony
Blair, telah secara jelas dan terperinci menggambarkan manfaat yang
diperoleh dengan diterapkannya konsep e-Government bagi suatu negara,
antara lain :
Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada
stakeholdernya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama
dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan
bernegara.
Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas
penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good
Corporate Governance.
Mengurangi secara signifikan total biaya
administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun
stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari.
Memberikan
peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber¬sumber pendapatan baru
melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
Menciptakan
suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat
menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai
perubahan global dan trend yang ada serta memberdayakan masyarakat dan
pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan
berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.
Dengan
kata lain, negara-negara maju memandang bahwa implementasi e-Government
yang tepat akan secara signifikan memperbaiki kualtias kehidupan
masyarakat di suatu negara secara khusus, dan masyarakat dunia secara
umum. Oleh karena itu. impementasinya di suatu negara selain tidak dapat
ditunda-tunda, harus pula dilaksanakan secara serius, dibawah suatu
kepemimpinan dan kerangkan pengembangan yang holistik, yang pada
akhirnya akan memberikan/mendatangkan keunggulan kompetitif secara
nasional.
0 komentar:
Posting Komentar