Rabu, 26 Maret 2014

Arsitektur pada aplikasi android

Mobile Programming merupakan proses pembuatan aplikasi untuk peralatan computer mobile.
SDK adalah Software Development Kit merupakan perangkat yang disiapkan untuk merancang aplikasi.
Activity Semua tampilan yang memungkinkan interaksi dengan user
Intent yaitu suatu Proses pemanggilan activity
Service adalah serangkaian proses yang tidak memiliki tampilan, tidak dapat berinteraksi dengan user, dan berjalan di-background. Karena dirancang untuk melakukan proses jangka panjang, android tidak akan mematikan service yang berjalan. Perilaku service biasanya dikendalikan dari activity yang diberikan oleh aplikasi. Walaupun masa hidup sebuah service tidak dibatasi, service tetap akan dihentikan jika android memerlukan memori untuk menjalankan aplikasi.

Salah satu penerapan service adalah music player, pengguna dapat tetap mendengarkan lagu setelah menutup activity music, lalu membuka activity lainnya, namun music akan tetap diputar oleh service. Biasanya service memberikan status atau informasi proses yagn dikerjakan melalui notifikasi.
Service  merupakan sebuah serangkaian proses yang tidak memiliki tampilan, tidak dapat berinteraksi dengan user, dan berjalan di-background.
 
Life Cycle
Tahapan tahapan yang dijalankan oleh aplikasi. Dalam konsep pemgrograman berorientasi objek, life cycle didefinisikan dalam bentuk abstraks, harus diterapkan oleh semua aplikasi, sehingga operating system dapat mejalankan proses spesifik yang sudah ditentukan dalam tahapan tahapan aplikasi tersebut.

Activities dan Intents
Semua tampilan yang memungkinkan interaksi dengan user disebut activity. Sabuah aplikasi dapat terdiri dari satu atau beberapa activity. Biasanya setiap aktifity dirancang untuk satu proses kerja.
Saat sebuah aplikasi hendak menampilkan activity, proses pemanggilan activity dinamakan intent. Dengan intent, sebuah activity dapat memanggil activity lainnya. Setiap activity yang dipanggil akan disimpan dalam memory android, sehingga dapat diakses kembali dengan tombol back.
Activity dirancang agar user dapat berinteraksi dengan aplikasi, activity tidak aktif yang tersimpan dalam memory akan dibersihkan oleh android dalam waktu tertentu untuk membebaskan memory yang terpakai. Karena itu activity tidak cocok jika digunakan untuk proses yang memakan waktu lama seperti proses download, sebagai gantinya untuk proses yang membutuhkan waktu lama disediakan komponen service.

Artikel terkait;
 

0 komentar:

Posting Komentar