Senin, 24 Maret 2014

Pengertian mobile phone dan android

Mobile Computing
Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.
Mobile Computing : A technology that allows transmission of data, via a computer, without having to be connected to a fixed physical link.
Yang termasuk mobile computing:

laptop dengan wireless LAN
·         mobile phone
·         wearable computer
·        Personal Digital Assistant (PDA) dengan Bluetooth atau IRDA

      Mobile phone
Mobile phone = cell phone: adalah perangkat elektronik portabel yang berfungsi sebagaimana pesawat telepon normal, yang dapat bergerak pada suatu area yang luas. (bandingkan dengan cordless phone).
Kebanyakan mobile phone saat ini menggunakan kombinasi transmisi radio dan telephone circuit switching (PSTN) konvensional, walaupun packet switching sudah digunakan untuk beberapa bagian jaringan mobile phone, khususnya untuk layanan akses Internet dan WAP.

Android adalah software platform yang open source untuk mobile device. Android berisi  sistem operasi, middleware dan aplikasi-aplikasi dasar.  Basis OS Android adalah kernel Linux 2.6 yang telah dimodifikasi untuk mobile device. 
Android versi 1.0 dikeluarkan tanggal  23 September 2008. Versi 1.1 adalah versi yang pertama kali digunakan di mobile phone disusul  versi 1.5 (Cupcake),  1.6 (Donut) dst. Versi Android terakhir adalah:
·               2.2 (Froyo), mempercepat kinerja dengan Just In Time compiler dan Chrome V8 JavaScript engine, Wi-Fi hotspot tethering dan suppport Adobe Flash.
·               2.3 (Gingerbread), memperbaiki user interface, soft keyboard, copy/paste features dan support Near Field Communication (NFC).
·               3.0 (Honeycomb), diperuntukkan untuk tablet yang menggunakan layar lebih besar, multicore processors dan hardware acceleration untuk grafis.
·               4.0 (Ice-cream sandwich), kombinasi  Gingerbread and 3.0 Honeycomb.  Integrasi antara platform untuk tablet dan smartphone.
·               4.1 & 4.2 (Jelly-Bean), user interface yang lebih halus (project butter).
·               4.4 (Kit-Kat), perbaikan kinerja

Untuk mengembangkan aplikasi di Android, bahasa utama yang digunakan adalah Java, tetapi bukan dalam platform J2ME yang memiliki banyak keterbatasan.  Platform  yang digunakan di Android setara dengan J2SE,  dan ini merupakan kelebihan utama Android.

0 komentar:

Posting Komentar