Rabu, 12 Maret 2014

Contoh artikel pariwisata

Purwahamba indah, tempat rekreasi keluarga.
Saat mendengar nama Tegal yang terlintas dipikiran kita pasti “warteg” warung nasi khas tegal yang terkenal murah meriah, atau dialek “nyong” yang dalam bahasa tegal berarti “aku”. Tapi sebenarnya masih banyak yang menarik dari kota tegal. Sebagai orang asli tegal, yang hidup diperantauan saya selalu merindukan kampung halaman tercinta, setiap cuti hari raya idul fitri atau libur panjang seperti hari raya idul adha kemari saya selalu menyempatkan diri untuk pulang kampung. selain silaturahmi dengan keluarga, yang tak pernah saya lewatkan adalah berwisata dipantai Purwahamba indah.
Pantai purwahamba indah merupakan salah satu wisata pantai yang populer di kabupaten tegal, lokasinya yang strategis yaitu pada jalur pantura tegal - pemalang – pekalongan membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi, terlebih pada hari libur. 

Gambar 1. Patung dinosaurus yang terletak di obyek wisata pantai purwahamba indah

Pantai purwahanba indah atau sering disebut “pur in” oleh masyarakat setempat, berada di desa purwahamba kecamatan suradadi dan masuk wilayah kabupaten tegal, letaknya 17km dari kota tegal dan 14km dari pemalang. Seperti kebanyakan pantai yang terletak di utara pulau jawa “pur in” memiliki ombak yang relatif tenang, dan air yang jernih. Meskipun “pur in” memiliki pasir yang berwarna hitam namun pantai ini tetap menyajikan keindahan yang mempesona.
Saat pertama menginjakkan kaki di pantai ini kita disambut oleh sebuah patung dinosaurus berukuran besar, masyarakat sering menyebutnya patung komodo. Tapi saya sendiri masih bingung patung tersebut patung komodo atau dinosaurus.
Pantai purwahamba indah memang tidak menyediakan fasilitas untuk bemain jet ski, banana boat, tapi “pur in” tetap menawarkan kegembiraan terutama bagi mereka yang berwisata bersama keluarga, karena disini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.
Yang menarik di pantai purwahamba indah
Terdapat banyak tempat menarik disini, seperti Water Boom atau Water Park dan kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa,  ada juga kebun binatang dikawasan pantai purwahamba indah.  Pagi hari, saat matahari belum terik kita bisa bermain pasir di pesisir pantai ditemani deburan ombak yang tenang, atau kita juga bisa menyewa balon besar ( bekas ban mobil yang berukuran besar yang sudah dimodifikasi ) sebagai pelampung saat berenang ditepi pantai. Anda tak perlu takut badan anda akan lengket terkena air laut, karena disisni disediakan fasilitas toilet yang bisa anda gunakan untuk mandi.  Anda yang berjiwa petualang dan pastinya tidak mabuk laut dapat menikmati keindahan hingga ke tengah laut dengan memanfaatkan perahu yang sudah disediakan oleh pengelola. Untuk naik perahu anda hanya dikenakan tarif Rp. 5.000,- per orang, sangat murah bukan.

Gambar 2. Salah satu dermaga di pantai purwahamba indah
Saat matahari mulai terik, berteduh dibawah pohon yang berjajar rapi disepanjang pantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda khas purwahamba adalah bagian yang paling menyenangkan. Jika  kita tidak membawa bekal, tidak perlu khawatir karena di “pur in” banyak pedagang yang menjajakan berbagai macam makanan dan saya sarankan anda untuk mencicipi ikan bakar yang dijual di area pantai karena rasanya dijamin mak nyus.
Puas menikmati keindahan pantai pilihan selanjutnya adalah berkumpul dengan keluarga digazebo atau bagi anda yang berlibur bersama buah hati disediakan juga tempat bermain untuk anak. Kita bisa menyewa sepeda air atau sepeda mini. Selain menawarkan keindahan pantai, “pur in” juga menyediakan fasilitas  kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, dan juga waterboom yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Untuk pengunjung muslim disediakan tempat ibadah yang nyaman dan lengkap dengan peralatan/sarana ibadah. 


Rute Ke Pantai Purwahamba Indah
Pantai purwahamba indah terletak di Desa purwahamba indah, Kecamatan suradadi, Kabupaten Tegal dengan jarak tempuh sekitar 350 KM dari Jakarta dan Waktu yang tempuhnya sekitar 7-8 jam perjalanan bermobil atau bus.
Untuk sampai ke pantai purwahamba indah, dari Jakarta ke terminal tegal Rp 45.000;.
Dari terminal tegal kita naik minibus/elf jurusan tegal pemalang atau jalan pantai utara dengan tarif Rp. 5.000; dan turun dipurwahamba indah disitulah tempat yang dituju pantai purwahamba.
Dan untuk naik kereta api tegal arum kurang lebih Rp 30.000; turun di stasiun tegal. Kemudian naik angkot Rp 3.000; ke balaikota kota tegal lama, kemudian naik mini bus Rp 5.000; ketujuan pemalang turun di purwahamba indah.
Atau kalau pembaca sedang mudik ke daerah pemalang, pekalongan, semarang atau yang melewati jalur pantura bisa beristirahat di pantai purwahamba indah. Karena letaknya strategis di jalur pantura tegal – pemalang ( promosi dikit he.he.he )
Pantai memang identik dengan mistis. Ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat, antara lain pria ataupun wanita yang sudah dilamar ( tunangan ) dan tidak diperbolehkan untuk berkunjung kesini, karena salah satu dari mereka akan meninggal. Atau mitos lain yang beredar adalah sepasang kekasih yang hendak melangsungkan pernikahan tidak boleh melintasi jalan di area pantai purwahamba indah. Percaya atau tidak itu kembali pada individu masing-masing.
Anda yang berasal dari luar kota biasa bermalam di hotel atau penginapan yang berada disekitar pantai, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. 

Oleh-oleh pantai purwahamba indah
Berwisata tanpa oleh-oleh rasanya kurang lengkap, oleh-oleh khas tegal yang bisa kita dapatkan di pantai purwahamba indah adalah poci dari tanah liat khas tegal, pilus, latop ( bukan laptop ya ), dan yang menjadi faforit saya adalah kerupuk glopot atau kalau diterjemahkan berarti kerupuk kotor tapi rasanya uenak tenan.


0 komentar:

Posting Komentar