Rabu, 26 Maret 2014

Cara menampilkan hello world di aplikasi android

Selanjutnya kita akan memodifikasi program ini dan menambahkan masukan nama dari user, lalu setelah user menekan tombol, akan keluar “Hello, [nama]. Terimakasih”
Pertama, melalui project explorer kembali pilih activity_main.xml yang berada di res/layout (gambar bawah).  



Terakhir, drag teks “hello world” dari tengah  ke dekat button.  Jika posisi menjadi ‘berantakan’ jangan khawatir, atur ulang sehingga posisinya seperti dibawah. 


Coba run (ctrl-F11) untuk melihat hasil tampilan dari program ini. Jangan lupa, jangan tutup emulatornya, supaya tidak menunggu lama saat run berikutnya.   Sekarang kita akan menambahkan aksi yang akan dijalankan saat button diklik.
Sekarang karena kita akan membuat code yang saat button di-klik menangkap apa yang diketikkan pengguna dan menuliskannya di TextView. Untuk itu setiap komponen perlu diberi nama.
Kembali ke activity_main.xml. Klik Button kemudian lihat window properties yang berada di sebelah kanan, ganti Text dengan “Sapa” dan id dengan “bSapa”


Saat id diganti maka ada pesan untuk mengupdate semua kemunculan id, jawab ini dengan “Yes”.  Kemudian muncul window “Rename Resource” dan jawab ini juga dengan OK.  Cara ini akan membuat semua kemunculan id ini di activity_main akan otomatis diganti. Ini akan lebih mudah dibandingkan harus mengganti secara manual file xml.

Lakukan hal yang sama untuk textfield, ganti id dengan etNama

dan textview, ganti id dengan tvSalam
Coba lihat XML-nya, maka semua Id telah diganti (gambar bawah). Ini kelebihan mengganti nama id menggunakan property.

Sekarang kita akan mengeset agar saat button diklik, method yang diinginkan akan dipanggil. Set atribut android.onClik pada button dengan nama method yang akan menangani event tersebut (bSapaClick).  

Artikel terkait :

0 komentar:

Posting Komentar