Selasa, 18 Maret 2014

Perbedaan bisnis manufaktur, dagang dan jasa

Perusahaan manufaktur Sebuah kegiatan melalui proses yang di lakukan oleh industri dengan mengaplikasikan mesin menggunakan teknologi modern dan tenaga kerja yang professional untuk mengubah bahan mentah mentah menjadi barang jadi untuk di jual ke pelanggan.

Contoh perusahaan manufaktur adalah PT Ultra jaya Milk tbk. PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita dan Gogo untuk jus segar. Namun sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Susu yang dihasilkan PT ini dipisahkan dalam beberapa segmentasi pasar, pasar untuk balita, anak- anak, hingga dewasa. Dan dengan strategi kesegaran bahan baku susu dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses UHT (ultra high temperature) dan pengemasan aseptik tanpa menggunakan bahan pengawet apapun, Pt Ultra jaya Milk diharapkan tetap dapat menguasai pangsa pasarnya di Indonesia.

Perusahaan Dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan.
Macam –macam dagang
Dagang baju
Dagang minyak wangi
Dagang sembako
Dagang pulsa
Dan lain-lain

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.

Jenis-jenis bisnis jasa
Jasa menjahit
Bisnis penyewaan mobil
Bisnis pencucian kendaraan
Bisnis jasa penitipan anak
Nisnis jasa privat
Bisnis jasa penerjemahan
Bisnis jasa internet
Bisnis jasa teknik computer
Bisnis baju kiloan atau laundry 

1 komentar: