Selasa, 18 Maret 2014

cara anak agar mau belajar

Mengajak anak untuk belajar bukan perkara yang  mudah. DI satu sisi anak-anak tidak  bisa dipaksa, di sisi yang  lain anak-anak membutuhkan pendidikan sejak usia dini. Pendidik PAUD tentu merupakan ahlinya dalam hal ini, karena mereka  sudah terbiasa menghadapi anak-anak dengan berbagai karakter mereka.Para pembaca, percayakah Anda bahwa kehidupan sejati kita manusia adalah seorang pembelajar? Tapi kita sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan saat anak belajar (secara tidak sadar) bahkan dulu kita pun mungkin diberikan stimulasi yang salah sehingga belajar itu tidak menyenangkan.
Membaca adalah kegiatan yang luar biasa penting dalam kehidupan setiap orang. Dengan membaca, kita bisa meningkatkan kosa kata, meningkatkan kinerja akademik, dan merupakan cara yang sangat baik untuk bersantai setelah hari yang panjang. Ketika semua hal ini digabungkan, mudah untuk melihat betapa pentingnya membaca bagi setiap anak. Berikut enam cara untuk menanamkan kecintaan membaca pada anak,
1. Ajarkan mereka menyukai cerita.
Membaca cerita fiksi, dan sekali saja anak Anda mengukai cerita dari buku, itu akan lebih mudah untuk membuatnya menikmati novel dan buku-buku lain juga. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara: misalnya membiarkan dia menonton film dan bersemangat untuk mengetahui cerita di balik itu. Cara lain adalah dengan menceritakan dongeng sebelum tidur. Tanyakan padanya apa yang dia suka dan bagaimana dia dapat menemukan cerita serupa lainnya.
2. Jadilah panutan.
Membaca buku di depan mereka, dan mendorong mereka untuk mengajukan pertanyaan. Berikan jawaban yang rinci tentang mengapa Anda menyukai buku ini dan bagaimana menceritakannya dengan plot yang menarik. Ajarkan mereka bahwa jika Anda suka membaca, mereka juga bisa.
3. Dapatkan bantuan pustakawan.
Mungkin sulit bagi Anda untuk memilih buku-hanya tepat untuk anak Anda, tetapi pustakawan yang terlatih bisa melakukannya. Biarkan anak Anda berbicara kepada pustakawan sendiri saat Anda ke perpustakaan, dan dia akan membawa pulang setidaknya satu buku sebagai permulaan. Dan ketika dia melakukannya, semangati dia tapi jangan membombardirnya dengan pertanyaan.
4. Jadikan perpustakaan sebagai kunjungan rutin.
Pergilah ke perpustakaan secara teratur, segera setelah anak Anda selesai satu atau dua buku, dan buatlah kunjungan yang menyenangkan. Perlakukan pergi ke perpustakaan teratur seperti bernapas. Buatlah sebagai kebutuhan pokok hidup Anda, sehingga anak memahami pentingnya ke perpustakaan dan menikmati buku-buku.
5. Buatlah permainan membaca.
Jadikan membaca sebagai hal yang menyenangkan, kreatif, dan optimis dan sikap Anda akan menular pada anak Anda. Misalnya: jawaban pertanyaan dapat menjadi sebuah permainan. Mintalah anak Anda menyelesaikan sebuah buku, dan berikan pertanyaan. Semakin banyak dia menjawab dengan benar, semakin banyak manfaat yang didapatnya. Tapi ingat untuk menjaga agar hadiah kecil tapi boros, pada awalnya bisa tampak tidak berbahaya, tetapi ini akan bisa membuat anak jadi manja.
6. Menghargai buku
Jika seseorang menjatuhkan buku ke lantai, ambillah segera. Pastikan rak Anda teratur, dan buku terletak sempurna. Biarkan anak melihat kegiatan ini dan biarkan mereka berpartisipasi sehingga bisa mendorong mereka untuk memperlakukan buku dengan layak.

0 komentar:

Posting Komentar